Artikel Situs :
Home » , , , , » Jurnal Vol 3, No 1 (2019), oleh: Levy Sefrizal, M.Pd

Jurnal Vol 3, No 1 (2019), oleh: Levy Sefrizal, M.Pd

Written By 301580555_SOLID on Kamis, 05 September 2019 | 19.55

PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMAN 4 KERINCI

Levy Sefrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membuktikan pengaruh
ppenggunaan pendekataan CTL dan motivasi belajar dalam keterampilan menulis
karangan deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas X SMAN 4 Kerinci yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017
sebanyak 5 kelas. Kelas yang terpilih menajdi sampel yaitu kelas XA untuk kelas
eksperimen dan kelas XB untuk kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan
dengan teknik random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dalam
menetapkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dalam
penelitian ini terdapat empat hasil penelitian sebagai berikut. (1) terdapat
perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis karangan deskripsi siswa
yang menggunakan pendekatan CTL dan keterampilan menulis siswa yang
menggunakan pendekatan konvensional dengan t hitung = 3,460 pada taraf α =0,05
diperoleh t tabel = 1,684 sehingga t hitung > t tabel ; (2) terdapat perbedaan yang
signifikan antara keterampilan menulis karangan deskripsi siswa yang memiliki
motivasi tinggi yang diajar menggunakan pendekatan CTL dan siswa yang
memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar menggunakan pendekatan
konvensional dengan t hitung = 2,089 pada taraf α =0,05 diperoleh t tabel = 1,684
karena t hitung > t tabel ; (3) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis
karangan deskripsi siswa motivasi rendah yang diajar dengan pendekatan CTL
dan siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar menggunakan pendekatan
konvensional karena t hitung = 2,089 pada taraf α =0,05 diperoleh t tabel = 1,684
karena t hitung > t tabel ; dan (4) tidak terdapat interaksi antara pendekatan CTL dan
motivasi belajar dalam mempengaruhi keterampilan menulis karangan deskripsi
karena F hitung sebesar 12319100,48 dan F tabel 4,60 yang berarti bahwa F hitung > F tabel.
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan: (1) pendekatan CTL
memberikan pengaruh terhadap hasil menulis karangan deskripsi; (2)
keterampilan siswa dengan pendekatan CTL lebih tinggi dari siswa yang diajar
dengan pendekatan konvensional; (3) motivasi belajar tidak berpengaruh terhadap
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa; (4) antara pendekatan CTL dan
motivasi belajar dalam PBM menulis karangan deskripsi tidak terdapat interaksi.

Kata Kunci : Kontekstual (CTL), Motivasi, Karangan Deskripsi

Full Text:

PDF

References


Dalman. 2011. Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah dan Suhana, 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung Rafika
Aditma.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakaarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Semi, Atar. 2009. Menulis Efektif. Padang: UNP Pres.
Sudjana, Nana. 2008. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2010. Pendekatan Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, Dan R & D)
Suparno, M. Yunus. 2003. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Adm STIT YPI Kerinci | TIM-ICT
Proudly powered by Dikti Kemenag
Copyright © 2013. STIT YPI KERINCI - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Kemenag